KOTA TEBING TINGGI MENUJU KOTA LAYAK ANAK

Tebing Tinggi,

Keseriusan Pemerintah Kota Tebing Tinggi untuk meraih predikat Kota layak Anak pada Thaun 2019 ini ternyata bukan rencana kosong belaka. Untuk menindak lanjuti Sosialisai Program pencapaian kota Tebing Tinggi menjadi kota Layak Anak (KLA) 2019 yang dilakukan pada tanggal 20 Februari yang lalu oleh Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, hari ini Pemerintah kota Tebing Tinggi melalui Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak, pada hari Selasa Tgl.5 Maret 2019 bertempat di ruang Mawar Lantai III mengadakan kegiatan kordinasi dengan lintas sektoral tentang kegiatan yang harus dilakukan dan disinergikan sehingga 5 klaster yang menjadi kriteria kota layak anak dapat terpenuhi.

Hadir pada acara kordinasi ini Kabid.Perlindungan anak Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak Propinsi Sumatera Utara Ibu Dra.Marhamah Siregar, serta didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Tebing Tinggi Bapak H.Kamlan,SH,MM.

Dalam pertemuan ini disebutkan bahwa Kota Tebing Tinggi yang memiliki lebih kurang 54.000 orang anak, sebenarnya sudah dekat dengan predikat kota layak anak. Namun masih ada beberapa hal yang harus disinergikan dengan berbagai pihak, seperti, Pihak Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Institusi institusi lainnya agar kota layak anak ini benar-benar terwuju dikota Tebing Tinggi. Ibu Marhamah Siregar mengatakan bahwa kota layak ini dinilai dari berbagai Aspek antara lain : Dari Sisi anggaran daerah, Peran Swasta, peran lembaga Pemerintah, Perbankan, Sekolah, Fasilitas Umum Infrastruktur, Fasilitas umum untuk bermain, fasilitas umum untuk bersosialisai, Fasilitas pendidikan, Fasilitas Kesehatan, Fasilitas Transfortasi, Fasilitas pelayanan Gizi, Fasilitas Media sebagai media informasi dan hiburan serta hal-hal lainnya. demikian juga dengan Hal Jumlah Pernikahan dibawah umur, angka kekerasan terhadap anak dan usaha penganganannya, begitu juga dengan jumlah anak stunting dengan usaha yang telah dilakukan. Banyak sekali faktor yang harus benar benar disinergikan dengan predikat Kota Layak Anak (KLA)

Untuk Pemerintah Kota Tebing Tingi mengharapkan seluruh pihak dan stakeholder mau bersinergi dalam kerjasama yang baik demi terwujudnya  kota Tebing Tinggi kota layak anak. Secara khusus ibu Marhamah mengharapkan Peran Radio DIS Fm Sebagai satu-satunya Radio Siaran di Kota Tebing Tinggi yang sudah punya program untuk anak kiranya lebih intens lagi menjadi media penyokong pencapaian kota Tebing Tinggi menjadi Kota Layak Anak 2019.(hrd)

.